Rabu, 23 September 2009

Agamanya Jin?


Ustadz, baragama apakah bangsa jin itu? Mengingat manusia dan jin diciptakan untuk beribadah, berarti mereka punya agama. Mohon penjelasan !


Mari kita cermati ayat berikut,

“Katakanlah hai Muhammad; Telah diwahyukan kepadaku bahwasannya sekumpulan jin telah mendengarkan Al-Qur’an, lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur’an yang menakjubkan, memberi petunjuk ke jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami.” (QS. Jin 72:1-2)

Ayat ini menjelaskan, ketika Rasulullah saw. membaca Al-Qur’an, ada sekelompok jin yang ikut mendengarkan bacaannya, lalu mereka mengimaninya. Kalu mengimani Al-Qur’an, berarti masuk Islam.

Jadi, agama mereka adalah Islam dan cara beribadahnya pun secara Islam. Seperti halnya manusia, jin ada yang shaleh dan ada juga yang kufur, sebagaimana dijelaskan dala ayat berikut, “Dan sesungguhnya diantara kami ada orang-orang yang shaleh dan di antara kami ada pula yang tidak demikian (kufur). Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (QS. Jin 72:11)

Imbalan dan sanksinya pun samaseperti manusia, ada yang masuk surga ada pula yang masuk neraka, sebagaimana firman-Nya: “Adapun (jin) yang menyimpang dari kebenaran, mereeka menjadi kayu bakar api neraka jahanam. Dan jika mereka (jin) tetap di atas jalan itu (Islam), benar-benar kami akan memberi minum air yang segar kepada mereka (surga).” (QS. Jin 72:15-16)

Kesimpulannya,
agama yang dianut bangsa jin adalah Islam, diantara mereka ada yang shaleh ada juga yang kufur. Jin yang shaleh masuk surga sedangkan jin yang kufur menjadi kayu bakar api neraka jahanam.

Wallahu a’lam.
Ust Aam Amiruddin, M.Si

- 31 Oktober 2008

Sumber :
23 September 2009

1 komentar:

  1. Utk mengkaji lebih mendalam,.ADA BAIKNYA MANUSIA ITU JELI TERHADAP kesesatan.
    Gw pertajam lagi.:
    Pertama tama, kita mesti tahu Hakekat Surga. Utk siapakah Surga itu.? Dan Siapakah yg bisa tinggal di dlm Surga.?
    Yg Kedua, Kita mesti tahu HAKEKAT AGAMA itu SENDIRI. Utk Siapakah AGAMA itu DITURUNKAN.?

    Jadi Kesimpulannya :
    AGAMA itu diturunkan HANYA utk MANUSIA. Bukan utk Jin ataupun Setan.
    Dan Surga adalah tempat Tinggal Manusia dan MalaikatNYA. Bukan tempat tinggal Jin Ataupun Setan.
    Pada Intinya,.Jin dan Setan Tidak Bisa Masuk Surga. Tidak masalah Mereka beragama atau tidak.
    Dan: "Barang siapa yg hidup di dunia Bersekutu dgn Jin atau Setan,.maka di akheratpun akan disekutukan dgn Jin atau setan tsb."

    BalasHapus